lorong29

cover korea jiwa indonesia, all about my life, all about my favorite

proposal penelitian kuantitatif_analisis perbandingan

 

Proposal

“Analisis Perbandingan Kualitas Pelayanan MDC

Dakwah dengan Koperasi Al-Kautsar Ushuluddin”

Oleh:

  1. 1.      M. Arief Amrullah            (B34210056)
  2. 2.      Hafid Rhamadhan                        (B04210078)
  3. 3.      Cahyo Prayogo                 (B04206017)
  4. 4.      Moch. Zein Rhamadhan   (B34210062)
  5. 5.      Hilwani Sari                      (B54210065)
  6. 6.      Hosniyatul Hasanah          (B04210047)

 

Dosen:

 

Manajemen Dakwah

Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel

Surabaya

2011


 

  1. A.    Latar Belakang

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia membutuhkan sebuah kepuasan yang harus dipenuhinya. Karena kepuasan dapat menjadikan kenyamanan dan ketentraman bagi manusia itu sendiri, khususnya pada kebatinannya. Batin manusia sendiri adalah sesuatu yang tidak tampak oleh mata, tetapi bisa dirasakan oleh diri manusia itu sendiri.

Sifat batiniah itu akan merasa terpuaskan, salah satunya adalah melalui pelayanan. Dengan demikian pelayanan yang dimaksud adalah pelayanan yang sesuai dengan teori-teori pelayanan yang ada. Bisanya pelayanan yang ada pada teori adalah pelayanan yang memiliki unsur yang baik dan mampu memberikan kepuasan bagi pelanggannya, terutama pada kualitas pelayananya. Diantaranya adalah kualitas pelayanan dari segi fisik dan non fisik (batin).

Pelayanan dari segi fisik (bisa dilihat melalui indra penglihatan. contoh pelayanan fisik yang dapat dilihat adalah dari segi pelayanan toko atau koperasi yaitu tata ruang, pegawainya, produk-produk yang dijual, dll. Sedangkan non fisik adalah yang bersifat tak tampak oleh indra penglihatan, tetapi bisa dirasakan oleh hati. Contohnya yaitu kecepatan, keahlian, ketelitian pegawai dalam melayani konsumenya, dan juga kepuasan terhadap harga produk yang dijual, dll.

Pelayanan yang baik akan mampu menarik pembeli, Khususnya dari segi kualitas yang diberikan. Karena  dalam menjual barang atau produk dengan mengutamakan kualitas pelayanan yang baik, maka kemungkinan besar suatu saat pembeli itu akan kembali lagi, atau bahkan bisa laris. Dengan demikian hanya satu yang harus di perhatikan agar si konsumen merasa nyaman. Yaitu kualitas pelayanan yang di berikan harus sebaik mungkin.

Pelayanan yang baik mampu memberi kepuasan pada para pembeli. MDC (Management Dakwah Corporation) dan Al-kautsar Ushuluddin salah satunya, yang terdapat di IAIN Sunan Ampel Surabaya, merupakan salah satu dari dua koperasi terbesar milik fakultas. Kedua koperasi ini tentu memiliki cara melayani pembelinya masing-masing berbeda. Namun, bila dilihat dari segi pelayanan yang berkualitas, sejauh mana beda perbandingan kualitas layanan tersebut? Sehingga penulis merasa tertarik untuk meneliti lebih tentang  pelayanan MDC (Management Dakwah Corporation) dan koperasi Al-Kautsar Ushuluddin terhadap konsumenya.

  1. B.     Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian dari latar belakang masalah tersebut di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:

“bagaimana perbandingan kualitas layanan MDC Dakwah dengan Al-Kautsar Uhuluddin?”

  1. C.    Tujuan Penelitian

Sesuai dengan rumusan masalah tersebut, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

“ingin mengetahui ada tidaknya perbandingan kualitas layanan MDC Dakwah dengan Al-Kautsar Uhuluddin”

  1. D.    Manfaat Penelitian

Adapun kegunaan yang diharapkan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:

a)      Kegunaan teoritis

  1. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan besar bagi kedua koperasi terkait untuk selalu melakukan yang terbaik dalam hal melayani pembeli, sehingga memberikan kenyamanan bagi pembeli untuk tetap menjadi konsumen bagi kedua koperasi tersebut. Sehingga mendatangkan keuntungan bagi kadeua kopersi tersebut.
  2. Hasil penelitian ini diharapkan mampu dijadikan acuan bagi konsumen kedua koperasi dalam memilih koperasi yang dituju dengan kualitas pelayanan terbaik, sehingga memberikan rasa nyaman bagi konsumen untuk mengunjungi salah satu atau kedua koperasi tersebut.

b)      Kegunaan Praktis

  1. Hasil penelitian ini dihrapkan dapat dijadikan masukan bagi kedua koperasi dalam rangka pentingnya meningkatkan kualitas pelayanan untuk memberikan kenyamanan pada konsumen.
  2. Hasil penelitian ini diharapkan berguna bagi dosen-dosen dan mahasiswa sebagai pengetahuan terhadap kualitas pelayanan kadua koperasi.
  3. E.     Hipotesis

Sehubungan dengan penelitian ini, maka hipotesa yang diajukan adalajh sebagai berikut:

H0= tidak adanya perbandingan kualitas pelayanan antara MDC Dakwah dengan Al-Kautsar Ushuluddin

H1= adanya perbandingan kualitas pelayanan antara MDC Dakwah dengan Al-Kautsar Ushuluddin

  1. F.     Teori

Berbicara mengenai kualitas pelayanan, ukuranya bukan hanya di tentukan oleh pihak yang melayani saja, tetapi lebih banyak ditentukan oleh pihak yang melayani saja, tetapi lebih banyak ditentukan oleh pihak yang dilayani, karena merekalah yang menikmati layanan sehingga dapat mengukur kualitas pelayanan berdasarkan harapan-harapan mereka dalam memenuhi kepuasannya.

Sekarang ini pelanggan semakin pintar, mereka sangat kritis, sehingga para pelaku bisnis harus mampu memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan para pelanggan. Sedikit saja penyimpangan, misalnya pelayanan tidak sesuai dengan yang di harapkan, para pelanggan akan menilai jelek.

Dengan demikian kualitas pelayanan harus benar-benar di perhatikan oleh pengusaha bisnis. Maka pengusaha bisnis harus memperhatikan kualitas pelayanan internal maupun eksternal.

  1. Kualitas pelayanan internal

Kualitas pelayanan internal berkaitan dengan interaksi jajaran pegawai organisasi/perusahaan dengan berbagai fasilitas yang tersedia. Faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan internal, antara lain:

  1. Pola manajemen umum organisasi/perusahaan
  2. Penyedia fasilitas pendukun
  3. Pengembangan sumber daya manusia
  4. Iklim kerja dan keselarasan kerja
  5. Pola intensif

Jika faktor diatas dikembangkan, loyalitas dan integritas pada diri masing-masing pegawai akan mampu untuk mengembangkan pelayanan yang terbaik di antara mereka. Apalagi jika semua kegiatan dapat dilakukan secara terintegrasi dalam bentuk saling memfalisitasi, saling mendukung, sehingga hasil pekerjaan mereka secara total mampu menunjang kelancara usaha.

  1. Kualitas pelayanan eksternal

Mengenai kualitas layanan kepada pelanggan eksternal, kita boleh berpendapat bahwa kualitas layanan ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain:

  1. Yang berkaitan dengan penyediaan jasa:
  • Pola layanan dan tata cara penyediaan/pembentukan jasa tertentu
  • Pola layanan distribusi jasa
  • Pola layanan penjualan jasa
  • Pola layanan dalam penyampaian jasa
  1. Yang berkaitan dengan penyediaan barang
  • Pola layanan dan pembuatan barang berkualitas atau penyediaan barang berkualitas
  • Pola layanan pendistribusian barang
  • Pola layanan penjualan barang
  • Pola layanan purna jual

Keempat jenis layanan di atas dapat kita sebutkan sebagai kinerja pelayanan (service performance)

Dengan adanya kualitas pelayanan internal dan eksternal, maka terdapat suatu teori mengevaluasi kualitas pelayanan sebagai berikut:

  1. Kinerja<Harapan

Bila kinerja layanan menunjukkan keadaan di bawah harapan pelanggan, maka pelayanan kepada pelanggan dapat dianggap tidak memuaskan

  1. Kinerja=harapan

Bila kinerja layanan menunjukkan sama atau sesuai dengan yang diharapkan pelanggan, maka pelayanan dianggap memuaskan, tetapi tingkat kepuasan adalah minimal karena pada keadaan seperti ini dapat dianggap belum ada keistimewaan layanan. Jadi pelayanan dianggap biasa-biasa atau wajar-wajar saja.

  1. Kinerja>harapan

Bila kinerja layanan menunjukkan lebih dari yang ditrerapkan lebih dari yang diharapkan pelanggan, maka pelayanan dianggap istimewa atau sangat memuaskan karena pelayanan yang diberikan ada pada tahap optimal.

  1. Jenis Penelitian

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Rancangan penelitian yang sudah digunakan adalah penelitian berbentuk survey. Data yang diperoleh adalah yang diperoleh dari media kuisioner yang disusun secara sistematik kemudian diedarkan kepada responden serta berasal dari buku-bumu literatur.

  1. H.    Populasi dan Sampel

Populasi adalah keseluruhan subyek penelitian yang mencakup semua elemen dan unsur-unsur. Sedangkan sampel masih dalam buku yang sama adalah sebagian subyek penelitian yang memiliki kemampuan mewakili seluruh data (populasi).

Dalam pengertian lain, populasi atau disebut juga universe adalah sekelompok individu atau obyek yang memiliki karakteristik sama, seperti sekelompok individu di masyarakat yang mempunyai umur, sekas, pekerjaan, status sosial yang sama, atau obyek lain yang mempunyai karakteristik sama seperti golongan darah A, AB, dan O. Sedangkan sampel sendiri adalah merupakan sebagian kecil dari populasi atau obyek yang memiliki karakteristik sama. Dalam hal ini populasi yang diambil penulis adalah seluruh mahasiswa IAIN Sunan Ampel, sedangkan sampelnya hanya terpaku pada mahasiswa yang membeli di MDC dan Koperasi Al-Kautsar.

Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling yaitu teknik yang tidak memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk diperoleh menjadi sampel, dengan tipe sampling accidental.

Jumlah responden yang akan diteliti oleh penulis adalah 100 responden dari 100 kuisioner yang akan disebar kepada konsumen MDC dan Al-Kautsar. Karakteristik populasinya adalah konsumen MDC dan Al-Kautsar yang pernah membeli dan menggunakan jasa koperasi MDC dan Al-Kautsar dan kebetulan bertemu dengan penulis.

  1. I.       Jenis dan Sumber Data
  2. Data kualitatif: data yang diperoleh berupa hasil wawancara dengan pihak koperasi, berupa data profil masing-masing koperasi.
  3. Data kuantitatif: data berupa angka-angka yang dapat dihitung dengan alat statistik, seperti angka hasil kuisioner dengan menggunakan metode service quality.
    1. Rencana Analisa

(terlampir)

Lampiran 1

Kuisioner

No Responden:

Penulis adalah mahasiswa IAIN Sunan Ampel jurusan Manajemen Dakwah yang sedang melakukan penelitian mengenai perbedaan kualitas pelayanan MDC Dakwah dengan Al-Kautsar Ushuluddin. Oleh karena itu penulis sangat mengharapkan jawaban yang sejujurnya dan sesuai dengan pengalaman dan pengetahuan saudara/i. Atas kerjasama dan bantuan yang diberikan, penulis mengucapkan Terima Kasih.

Data diri responden:

Nama              : ________________________________________________________

Fakultas         : ________________________________________________________

Jurusan          : ________________________________________________________

Semester         : ________________________________________________________

Beri tanda (x) pada jawaban yang anda pilih.

  1. Pertanyaan yang sifatnya umum.
    1. Apakah anda pernah membeli dan menggunakan layanan MDC Dakwah minimal 1x dalam 2minggu terakhir:

a.Ya                             b.Tidak

  1. Apakah anda pernah membeli dan menggunakan layanan MDC Dakwah minimal 1x dalam 2minggu terakhir

a.Ya                             b.Tidak

B. Berikan penilaian anda pada pertanyaan di bawah ini:

Petunjuk: beri tanda (x) pada jawaban yang paling sesuai

(jawaban berkisar antara 1-5, semakin besar angka yang anda pilih, menunjukkan tanggapan anda semakin positif terhadap pernyataan tersebut dan sebaliknya)

Keterangan: 1. Sangat Tidak Setuju

2. Tidak Setuju

3. Netral

4. Setuju

5. Sangat Setuju

 

 

 Pernyataan

MDC

1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5

Al-Kautsar

1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5

 

1)      Tangibles

  • Ruangan koperasi bersih
  • Fasilitas layanan lengkap
  • Penampilan karyawan rapi
  • Pencahayaan ruangan cukup
  • Penataan ruangan tepat

MDC

1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5

Al-Kautsar

1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5

2)      Reliability

  • Produk disajikan sesuai dengan

pesanan

  • Ketepatan waktu dalam pelayanan
  • Tidak ada perbedaan pelayanan
  • Informasi yang diberikan tepat
  • Pelayanan yang cekatan

MDC

1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5

Al-Kautsar

1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5

3)      Responsiveness

  • Petugas yang ramah
  • Petugas menjawab pertanyaan

lengkap dan antusias

  • Petugas memberikan pelayanan

terbaik

  • Memberikan bantuan tanggapan

dengan tepat

  • Petugas murah senyum

MDC

1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5

Al-Kautsar

1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5
1 2 3 4 5

4)      Competence

  • Petugas adalah orang yang

menguasai tugasnya

  • Petugas memahami produk

yang anda inginkan

  • Mengetahui harga
  • Sangat dibantu oleh petugas
  • Pelayanan sesuai standar
Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: