lorong29

cover korea jiwa indonesia, all about my life, all about my favorite

Laporan Hasil Penelitian 2

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. A.    Latar Belakang

Pelayanan dalam semua bidang merupakan hal yang penting. Karena dengan adanya suatu pelayanan akan membuat suatu bidang itu akan berkembang dan maju, sebakliknya apabila sampai diabaikan maka bidang tersebut akan ketinggalan zaman bahkan bias mengalami kehancuran.

 Dengan demikian pelayanan merupakan salah satu dari keberhasilan menjalankan sebuah usaha. Karena sebuah keberhasilan tidak akan terwujud tanpa adanya perencanaan yang baik terhadap pelayanan-pelayanan yang akan diberikan kepada bagian-bagian usaha yang akan dijalankan.

Yang dimaksud bagian-bagian usaha yang akan dijalankan adalah bagian-bagian yang meliputi bagaimana seorang pemimpin memberikan pelayanan yang baik terhadap anak buah yang disuruhnya untuk menjalankan usaha tersebut dan juga bagaimana memberikan pelayanan terhadap orang-orang menerima produk hasil. Tapi banyak sekali usaha yang mengabaikan hal tersebut, tetapi hanya mementingkan bagaimana mendapatkan hasil yang banyak dalam melaksanakan usahanya.

Contohnya yang terjadi pada buruh-buruh yang sering melakukan demo kepada perusahaan dimana dia bekerja. Dia menuntut kepada pemimpin perusahaan untuk menambah pelayanan yang diberikan kepadanya, dalam hal ini biasanya pelayanan meliputi kenaikan gaji buruh, dan juga yang meliputi PHK besar-besaran terhadap pegawai yang bekerja diperusahaannya.

Dari contoh diatas bahwa problem perusahaan terjadi akibat dari kurangnya pelayanan yang diberikan kepada semua bidang didalamnya. Jadi sebuah pelayanan harus benar-benar diperhatikan di tiap-tiap usaha agar demi menjaga kuliatas usaha tersebut yaitu dengan cara memberikan pelayanan yang layak dan pantas untuk diberikan.

Didalam kehidupan sekarang banyak sekali usaha-usaha yang bergerak dibidang pelayanan. Walaupun bergerak dibidang yang sama belum tentu pelayanan yang diberikan sama. Seperti halnya usaha-usaha yang bergerak dibidang koperasi A dan di koperasi B, yang didalamnya pasti terdapat pelayanan yang diberikan kepada anggotanya ataupun orang lain. Sudah pasti tidaklah sama pelayan koperasi A dengan koperasi B, ketidak samaan tersebut diakibatkan karena tujuan yang diinginkan berbeda-beda.

Hubungan antara pelayanan dan kepuasan pelanggan adalah bagaimana manusia membutuhkan sebuah kepuasan yang harus dipenuhinya. Karena kepuasan dapat menjadikan kenyamanan dan ketentraman bagi manusia itu sendiri, khususnya pada kebatinannya. Batin manusia sendiri adalah sesuatu yang tidak tampak oleh mata, tetapi bisa dirasakan oleh diri manusia itu sendiri.

Sifat batiniah itu akan merasa terpuaskan, salah satunya adalah melalui pelayanan. Dengan demikian pelayanan yang dimaksud adalah pelayanan yang sesuai dengan teori-teori pelayanan yang ada. Bisanya pelayanan yang ada pada teori adalah pelayanan yang memiliki unsur yang baik dan mampu memberikan kepuasan bagi pelanggannya, terutama pada kualitas pelayananya. Diantaranya adalah kualitas pelayanan dari segi fisik dan non fisik (batin).

Pelayanan dari segi fisik (bisa dilihat melalui indra penglihatan) .contoh pelayanan fisik yang dapat dilihat adalah dari segi pelayanan toko atau koperasi yaitu tata ruang, pegawainya, produk-produk yang dijual, dll. Sedangkan non fisik adalah yang bersifat tak tampak oleh indra penglihatan, tetapi bisa dirasakan oleh hati. Contohnya yaitu kecepatan, keahlian, ketelitian pegawai dalam melayani konsumenya, dan juga kepuasan terhadap harga produk yang dijual, dll.

Pelayanan yang baik akan mampu menarik pembeli, Khususnya dari segi kualitas yang diberikan. Karena  dalam menjual barang atau produk dengan mengutamakan kualitas pelayanan yang baik, maka kemungkinan besar suatu saat pembeli itu akan kembali lagi, atau bahkan bisa laris. Dengan demikian hanya satu yang harus di perhatikan agar si konsumen merasa nyaman. Yaitu kualitas pelayanan yang di berikan harus sebaik mungkin. Sehingga penulis merasa tertarik untuk meneliti lebih lanjut tentang pelayanan. Khususnya  pelayanan MDC (Management Dakwah Corporation) dan koperasi Al-Kautsar Ushuluddin terhadap konsumenya. Karena di kedua obyek tersebut memiliki pelayanan yang berbeda, sehingga kemungkinan besar terdapat perbedaan diantara keduanya.

 

  1. B.     Rumusan Masalah

Berdasarkan dari uraian latar belakang, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:

“Adakah perbedaan kualitas pelayanan MDC dengan Koperasi Al-Kautsar?”

  1. C.    Hipotesis

Sehubungan dengan penelitian yang dilakukan, maka maka hipotesis yang diajukan adalah menggunakan hipotesis statistik yaitu H1 dan H0 yaitu:

H1= Adanya perbedaan kualitas pelayanan antara MDC dengan koperasi Al-Kautsar

H0= Tidak adanya perbedaan kualitas pelayanan antara MDC dengan Koperasi Al-Kautsar

  1. D.    Tujuan Penelitian

Tujuan dalam di adakanya penelitian ini adalah “Ingin mengetahui ada tidaknya perbedaan kualitas layanan MDC dengan Al-Kautsar”

 

  1. E.     Manfaat Penelitian

Adapun manfaat yang diharapkan dari peneliti adalah sebagai berikut:

a)      Kegunaan teoritis

  1.  Hasil penelitian diharapkan mampu memberikan sumbangan besar bagi MDC dan koperasi Al-Kautsar untuk selalu melakukan yang terbaik dalam hal melayani pembeli, sehingga memberikan kenyamanan bagi pembeli untuk tetap manjadi konsumen bagi keduanya. Sehingga mendatangkan keuntungan bagi keduanya.
  2. Hasil penelitian diharapkan mampu menjadi acuan bagi konsumen dalam memilih kualitas pelayanan yang terbaik, sehingga memberikan rasa nyaman bagi konsumen.

b)      Kegunaan Praktis

  1. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan masukan bagi MDC dan koperasi Al-Kautsar, dalam rangka pentingnya meningkatkan kualitas pelayanan untuk memberikan kenyamanan pada konsumen.
  2. Hasil penelitian diharapkan berguna bagi peneliti, mahasiswa, dan dosen sebagi pengetahuan terhadap kualitas pelayanan kedua lembaga tersebut.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: