lorong29

cover korea jiwa indonesia, all about my life, all about my favorite

Laporan Hasil Penelitian 4

BAB III

METODOLOGI PENELITIAN

 

  1. A.    Lokasi Penelitian

Kelompok kami mengambil penelitian mengenai perbandingan kualitas pelayanan antara MDC (Management Dakwah Corporation) dengan koperasi Al-Kautsar yang berada di IAIN Sunan Ampel.

MDC adalah badan usaha milik jurusan Manajemen Dakwah di bawah naungan Labolatorium Manajemen Dakwah. Sedangkan manajemen dakwah salah satu jurusan di fakultas Dakwah, dan fakultas Dakwah bagian dari beberapa fakultas yang ada di IAIN Sunan Ampel Surabaya. Sedangkan Koperasi Al-Kautsar adalah koperasi milik IAIN Sunan Ampel dibawah naungan Institut. Tetapi tempatnya berada di fakultas Ushuluddin.

  1. B.     Jenis Penelitian

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan variabel pengukur yaitu kualitas pelayanan yang merupakan salah satu  pengujian hipotesis. Rancangan penelitian yang sudah digunakan adalah bentuk survey. Data yang diperoleh adalah yang diperoleh dari media kuisioner yang disusun secara sistematik kemudian diedarkan kepada responden serta berasal dari buku-buku literatur.

  1. C.    Teknik Sampling

Populasi adalah keseluruhan subyek penelitian yang mencakup semua elemen dan unsur-unsur. Sedangkan Sampel adalah sebagian subyek penelitian yang memiliki kemampuan mewakili seluruh data (populasi).

Dalam pengertian lain, populasi atau disebut juga universe adalah sekelompok individu atau obyek yang memiliki karakteristik sama, seperti sekelompok individu di masyarakat yang mempunyai umur, sekas, pekerjaan, status sosial yang sama, atau obyek lain yang mempunyai karakteristik sama seperti golongan darah A, AB, dan O. Sedangkan sampel sendiri adalah merupakan sebagian kecil dari populasi atau obyek yang memiliki karakteristik sama[1]. Dalam hal ini populasi yang diambil penulis adalah semua orang yang pernah dan sedang membeli baik di MDC maupun di koperasi Al-Kautsar, sedangkan sampelnya hanya terpaku pada pembeli baik di MDC maupun di koperasi Al-Kautsar yang pada saat penelitian dilakukan sedang atau telah menerima layanan.

Penentuan sampel pada penelitian menggunakan teknik non probality sampling yaitu teknik yang tidak memberi peluang yang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk diperoleh menjadi sampel.Dengan demikian teknik sampling yang di ambil adalah sampling accident, yaitu Dalam memilih sampel, peneliti tidak mempunyai pertimbangan lain kecuali berdasarkan kemudahan saja. Seseorang diambil sebagai sampel karena kebetulan orang tadi ada di situ atau kebetulan dia mengenal orang tersebut. Oleh karena itu ada beberapa penulis menggunakan istilah accidental sampling – tidak disengaja – atau juga captive sample  (man-on-the-street) Jenis sampel ini sangat baik jika dimanfaatkan untuk penelitian penjajagan.

Jumlah responden yang akan diteliti oleh penulis adalah 60 responden dari 60 kuisioner yang dibagiakan kepada masing-masing tempat 30 kuesioner. Karakteristik samplingnya adalah orang yang sedang atau telah menerima layanan.

  1. D.    Rencana Analisa

Setelah data telah terkumpul, maka peneliti akan segera melakukan pengelolahan data yang meliputi 3 langkah, yaitu:

a)      Persiapan

b)     Tabulasi

c)      Penerapan data sesuai dengan pendekatan penelitian

 

  1. 1.      Persiapan

Kegiatan dalam langkah persiapan:

  • Mengecek nama dan identitas peneliti
  • Mengecek kelengkapan data, artinya memeriksa isi instrumen pengumpulan data.
  • Mengecek macam isian data. Jika didalam instrumen termuat sebuah atau beberapa item yang diisi. Dalam penelitian ini instrumen yang perlu di cek adalah sebuah kuisioner, yang merupakan alat pengembilan data sampling dalam membedakan kualitas pelayanan antara MDC dan koperasi Al-Kautsar.

Dalam langkah persiapan ini dimaksudkan untuk memilih atau menyortir data sedemikian rupa yang telah diambil peneliti dari sampel yang telah ada. Sehingga hanya data yang benar yang dapat dipakai, agar bersih, rapi dan tinggal mengadakan pengolahan lanjutan atau menganalisis.

  1. 2.      Tabulasi

Memberi skor terhadap item-item yang perlu diberi skor. Dalam penelitian ini, peneliti memberikan scor atau nilai berupa data ordinal. Data ordinal adalah data yang menunjuk pada tingkatan atau penjenjangan pada sesuatu keadaan. Berbeda  dengan data nominal yang menunjukkan adanya perbedaan secara kategorik, data ordinal juga memiliki sifat adanya perbedaan di antara obyek yang dijenjangkan. Namun dalam perbedaan tersebut terdapat suatu kedudukan yang dinyatakan sebagai suatu urutan bahwa yang satu lebih besar atau lebih tinggi daripada yang lainnya.Kriteria urutan dari yang paling tinggi ke yang yang paling rendah dinyatakan dalam bentuk posisi relatif atau kedudukan suatu kelompok. Pada penelitian skor diberikan kepada masing-masing jawaban yang ada di setiap pertanyaan. Contoh:

  1. Sangat tidak setuju             (1)
  2. Tidak setuju                        (2)
  3. Netral                                 (3)
  4. Setuju                                (4)
  5. Sangat setuju                     (5)

  1. 3.      Penerapan data sesuai dengan pendekatan penelitian

Untuk menetapkan data sesuai dengan pendekatan penelitian, maka peneliti menggunakan analisis statistic inferensial yaitu teknik statistic yang digunakan untuk menganalisis data sampel dan hasilnya diberlakukan untuk populasi. Sampel diambil secara random dari populasi yang jelas.

Sehingga bentuk penelitian berupa komparatif dua sampel yang independen. Dalam mencari perbandingannya akan menggunakan rumus independent T-tes untuk mengukur diterimanya atau tidaknya H0 dan H1.

Dalam penarikan sebuah kesimpulan atau digeneralisasikan, maka peneliti menggunakan derajat kesalahan dan kebenaran yang dinyatakan dalam bentuk prosentase. Missal derajat kesalahan 5%, maka derajat kebenaran 95%.


[1] Budiman Chandra, Pengantar Statistik Kesehatan, Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC, 1995, hlm. 37

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: