lorong29

cover korea jiwa indonesia, all about my life, all about my favorite

Laporan Hasil Penelitian 6

BAB V

PENUTUP

 

  1. A.    Kesimpulan

Berdasrkan hasil pembahasan dapat diambil beberapa kesimpulan diantaranya  sebagai berikut:

  1. Tidak adanya perbedaan kualitas layanan antara MDC dengaan Al-Kausar berdasarkan nilai t hitung sebesar 0.393 dengan sig (2 tailed)-0.696  dan sig (2 tailed) 0.696.
  2. Dari hipotesa yang tim penulis telah buat, disimpulkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak.
  3. Meskipun H0 yang diterima, yakni tidak adanya perbedaan antara MDC Dakwah dengan AL Kautsar Ushuluddin, namun perbedaan itu hanyalah sedikit. Dalam hal ini bisa dilihat dari nilai instrument pertanyaan di mana Al Kautsar paling baik kualitasnya dalam hal kebersihan ruang, dari 30 responden didapat 115 skor total. Sedangkan MDC dakwah paling baik kualitasnya dalam hal petugas yang murah murah senyum, dari 30 responden didapat 114 skor total.
  4. Jumlah total skor dari 14 pertanyaan yang diajukan, skor terbanyak diperoleh MDC Dakwah sebesar 1459, sedang Al Kautsar sebesar 1435.

  1. B.     Saran

Dari hasil penelitian yang tim penulis lakukan selama lebih dari 3 Minggu di MDC Dakwah dan Al Kautsar Ushuluddin, tim penulis memiliki beberapa saran terhadap kedua koperasi tersebut. Berikut beberapa saran dari Tim Penulis:

a)      Untuk MDC Dakwah

Saran yang Tim Penulis ajukan untuk MDC Dakwah adalah sebagai berikut:

1)      Penataan Ruang. Skor yang tim penulis dapat adalah 93. Skor terkecil yang diperoleh MDC Dakwah mengenai kualitas layanannya. MDC harus memperhatikan penataan ruang, beberapa peletakan barang mungkin kurang tepat, sehingga responden menilai MDC masih kurang cukup dalam penataan ruang.

2)      Fasilitas. Skor yang tim penulis dapat adalah 95. Skor terkecil kedua yang diperoleh MDC Dakwah mengenai kkualitas layanannya. Beberapa fasilitas oleh responden dirasa kurang memenuhi pelayanan. Mengenai kerusakan-kerusakan yang tidak diinginkan oleh responden dirasa sangat mengganggu.

3)      Ketepatan Waktu. Skor yang tim penulis dapat adalah 97. Skor terkecil ketiga yang diperoleh MDC Dakwah mengenai kualitas layanannya. Kecekatan dan kesigapan penjual dalam melayani pembeli memakan waktu yang mengganggu.

b)      Untuk Al Kautsar Ushuluddin

Saran yang Tim Penulis ajukan untuk Al Kautsar Ushuluddin adalah sebagai berikut:

1)      Pencahayaan. Skor yang tim penulis dapat adalah 95. Skor terkecil yang diperoleh Al Kautsar Ushuluddin mengenai kualitas layanannya. Ruangan dirasa suram dengan minimnya cahaya yang masuk. Tidak cukup cahaya matahari saja, cahaya lampu pun diperlukan untuk memberikan kenyamanan pembeli.

2)      Kesesuaian Produk. Skor yang tim penulis dapat adalah 95. Skor terkecil yang diperoleh Al Kautsar Ushuluddin mengenai kualitas layanannya. Beberapa produk dirasa kurang sesuai dengan yang diinginkan pembeli.

3)      Informasi. Skor yang tim penulis dapat adalah 95. Skor terkecil yang diperoleh Al Kautsar Ushuluddin mengenai kualitas layanannya. System koperasi al kautsar hamper mirip dengan minimarket (missal; indomart), pembeli memilih barang sendiri tanpa informasi dari penjual, yang informasi tersebut harus ditanyakan terlebih dahulu kepada penjual.

Semoga saran-saran tersebut bermanfaat bagi pembaca, pembeli, penjual (MDC Dakwah dan Al Kautsar Ushuluddin), juga tim penulis sendiri. Dengan masukan ini diharapkan memberikan inovasi terbaik untuk kemajuan kedua koperasi yang ada di IAIN Sunan Ampel Surabaya ini.

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Adya Barata, Atep, 2003, Dasar-dasar Pelayanan Prima, Jakarta: Elex Media

Komputindo.

Catero R. Philip dan Graham L. John, 2007, Pemasaran Internasional, Ed 13, Buku-1,

Jakarta: Salemba Empat.

Chandra, Budiman, 1995, Pengantar Statistik Kesehatan, Jakarta: Penerbit Buku

Kedokteran EGC.

http://widhiarso.staff.ugm.ac.id/files/membaca_t-tes.pdf

Laksana, Fajar, 2008, Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nogi S. Tangkilisan, Hessel, 2007, Manajemen Publik, cet. Kedua, Jakarta: PT. Grasindo.

Simamora, Billson, 2001, Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan

Frofitabel, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

Tjiptono, Fandy, 2005, Servis, Quality, and Satisfaction, Yogyakarta: Penerbit Adi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: